UNGGUL KREATIVE INOVATIF RELIGIUS DAN ANDAL

UNGGUL KREATIVE INOVATIF RELIGIUS DAN ANDAL (UKIRAN)

Senin, 20 Juni 2011

Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW


UNDANG MASYARAKAT SEKITAR 
SMP N 3 WARUREJA MENGADAKAN 
PERINGATAN ISRO' MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW.
Hari Sabtu (18/06) OSIS SMP N 3 Warureja mengadakan kegiatan peringatan Isro' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga SMP N 3 Warureja, komite sekolah, tokoh masyarakat dan warga desa Banjaragung.
Acara yang diadakan di halaman  SMP N 3 Warureja dari pukul 08.00 pagi tersebut berlangsung sangat meriah dan hikmat dibuka dengan kesenian Hadroh siswa SMP Negeri 3 Warureja. Dalam sambutan pada acara acara tersebut Kepala SMP N 3 Warureja Drs. H. Alfatah, M.Pd mengatakan bahwa peringatan isro’ Mi’roj di SMP N 3 Warureja adalah wujud nyata dari visi yang dicanangkan SMP N 3 Warureja yakni menciptakan insan yang Unggul Kreatif Inovatif Religius dan Andal atau disingkat UKIRAN. Selanjutnya beliau menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa mulai tahun ajaran 2011/2012 ini, Sekolah akan menyelenggarakan sholat dhuha di pagi hari dan sholat Dhuhur berjamaah. Program ini merupakan upaya mengamalkan nilai-nilai Isro’ Mi’roj, yang tak lain adalah mendirikan sholat lima waktu dan memperbanyak sholat sunnah lainnya.
Setelah sambutan dari Kepala Sekolah dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh K.H. Drs. Khoirul Amin, M.Si. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan inti sari dari Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW adalah pendidikan, yaitu pendidikan akhlakul karimah atau budi pekerti yang baik. Perjalanan Nabi dalam peristiwa tersebut adalah perjalanan pendidikan dari Allah SWT, terutama tentang sholat lima waktu. Dengan demikian, nilai-nilai Isro’ Mi’roj menjadi sangat aktual untuk diamalkan dalam kehidupan di rumah dan sekolah. Lebih lanjut beliau menjelaskan sejarah tentang Isro' Mijra', beliau ceritakan bahwa ketika Isra' Mijra' Nabi Muhammad mengendarai kendaraan yang namanya Buraq yang menurut beliau kecepatannya melebihi kecepatan apapun sekarang ini dan sekali dia meloncat jauhnya sejauh mata memandang. Selama kurang lebih 1 jam, beliau menyampaikan dengan gaya jenaka kisah-kisah nabi dan contoh-contoh nyata tentang akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Kiai mencontohkan bagaimana seharusnya seorang anak menghormat bapak-ibu, guru, dan orang yang usianya lebih tua. “Jika anak tidak menghormat orang tua, dia tidak akan menjadi anak yang sukses,” ujarnya menyitir salah satu hadist Nabi.

Selain diisi dengan kegiatan ceramah agama, peringatan Isro'Mijra' kali ini juga tari-tarian religious, puisi dan paduan suara  siswa-siswi SMP N 3 Warureja dan pembagian hadiah bagi siswa berprestasi.
Selesai acara peringatan Isro Mi’roj dilanjutkan dengan pembagian raport kepada orang tua siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar